Ambarawatrik-Jaringan 3G Akan Dimatikan, Segera Ganti Smartphone Mu ke 4G-Hai loopers, sebelum keberadaan jaringan 4G, jaringan 3G telah bertahun-tahun menemani kita berselancar di dunia maya. Jaringan 3G diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2003 silam melalui keputusan Dirjen Postel No. 253/Dirjen/2003 dengan lisensi pertama dipegangi oleh PT.Cyber Acces Communication yang sekarang berganti nama menjadi PT. Hutchison Charoen Pokphand Telecom. Lalu di tahun 2005, tiga perusahaan operator telepon seluler terbesar di Indonesia PT. Telekomunikasi Seluler(Telkomsel), PT. Excelcomindo Pratama (XL), dan PT. Indosat Tbk (Indosat) menjadi pemenang lisensi jaringan 3G melalui proses tender yang sangat alot.
Hadirnya jaringan 3G ke Indonesia memudahkan aktivitas kita berselancar di dunia maya. Pasalnya kecepatan yang ditawarkan masuk dalam kategori lumayan kencang. Ya, lumayan kencang karena sekarang kita sudah mengenal jaringan 4G yang dimana jaringan ini terbukti Kencang.
Jaringan 4G masuk ke Indonesia pada tahun 2010 silam dengan menghadirkan sensasi berinternet yang luar biasa. PT. Firstmedia Tbk, mengenalkan jaringan 4G melalui merek dagang nya Sitra WiMAX. Dan mulai populer pada tahun 2014 setelah perusahaan-perusahaan operator telepon selular di Indonesia memperluas cakupan jaringan 4G nya.
Namun sayang nih loopers, karena perusahaan operator seluler di Indonesia sekarang sedang berfokus meratakan jaringan 4G dan bersiap-siap menyambut kedatangan jaringan 5G, maka harus ada jaringan yang dimatikan antara 2G dan 3G, dan kemungkinan besar jaringan 3G lah yang akan segera dimatikan.
Pernyataan Menkominfo

Perdebatan mana yang baik dimatikan antara jaringan 2G dan 3G, mendapat tanggapan dari Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara. Dilansir dari merdeka.com Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) pada kami (27/4), menanggapi sebuah wacana yang muncul dari salah satu petinggi operator seluler untuk mematikan jaringan 3G. Sejalan dengan pendapat salah satu petinggi operator selular tersebut, Menkominfo mengatakan bahwa jaringan 2G saat ini layak dipertahankan di Indonesia karena lebih efisien ketimbang jaringan 3G.
Ya, ini benar. Sudah ada jaringan 4G, lalu mengapa harus mempertahankan jaringan 3G yang serba nanggung, bukan kah demikian loopers? Jaringan 2G unggul untuk teknologi suara dan berkirim sms, untuk berselancar di dunia maya, ada jaringan 4G.
Ada hubungannya dengan jaringan
Sebelumnya, wacana untuk mematikan jaringan 2G lah yang sempat di utarakan. Hal ini dikarenakan dengan mematikan jaringan 2G, maka spektrum jaringan 2G bisa di maksimal kan untuk jaringan 4G. Dan saat jaringan 5G masuk ke Indonesia, maka penataan jaringan 5G akan lebih mudah.
Namun satu hal yang harus kita ketahui bersama, masih banyak masyarakat kita yang belum melek akan teknologi dan mengandalkan jaringan 2G untuk berkomunikasi. Meski sudah ada operator yang secara bertahap mematikan jaringan 2G nya, itu dikarenakan minim nya jumlah pengguna untuk produk 2G mereka. Pemerintah sebagai wadah yang pro akan masyarakat, tentu harus memihak kepada masyarakat kita yang belum paham akan teknologi. Setuju gak loopers?
Nah loopers, melihat dari pernyataan yang diutarakan oleh Menkominfo diatas, dugaan kuat jaringan mana yang akan di matikan sepertinya jatuh kepada jaringan 3G. Buat kamu-kamu yang smartphone nya masih mengandalkan jaringan 3G, segera beralih ke smartphone 4G ya.
[Provided by IDN Times]