Ambarawa Trik -Internet pada jaman sekarang ini sudah merambat sampai pelosok-pelosok di setiap negara, setiap hari ada saja orang yang menggunakan internet.  Bahkan, jika mereka tidak menggunakan internet selama satu hari, mood mereka akan berubah menjadi bosan.

Internet memiliki sisi negatif dan sisi positif, manfaatkan internet dengan ambil yang positif-nya, biasanya orang yang mengambil nilai positif dari internet itu yang mencari kerja di internet, belajar online, dan bisa  juga yang kerja sebagai blogger ataupun youtuber. Nah, manfaatkan nilai-nilai positif dari internet, jangan ambil sisi negatifnya, itu tidak baik.

Pengguna internet biasanya jika ada hari libur atau tanggal merah, dan mereka tidak ada kegitan satupun biasanya mereka menggunakan smartphone nya untuk bermain aplikasi yang mereka sukai, dan hal itu biasanya sampai satu hari. Itu tidak baik, dapat merusak mata. Jadi jangan sering-sering menggunakan internet, dan jika sering pun ambil sisi yang positifnya saja.

Jika kalian termasuk pengguna internet yang selalu menggunakannya di setiap waktu, tetapi kalian boros kuota. Jangan bermain aplikasi yang terlalu memakan banyak kuota. Berikut ini adalah aplikasi yang memakan banyak kuota:

1. Facebook

Sumber: Dok. pribadi

Facebook adalah aplikasi yang memberikan kita informasi-informasi dari luar sana. Tetapi siapa sangka aplikasi ini dapat memboroskan kuota karena selalu memperbarui informasi yang baru, nah karena selalu memperbarui informasi tersebut yang membuat facebook menjadi boros. Tetapi ada solusinya, Facebook kini tersedia dalam versi Lite, versi Lite ini sangat irit kuota, jika kalian berminat, silahkan kalian gunakan Facebook Lite ini untuk mengirit kuota kalian. Berteman di facebook juga harus berhati-hati, jangan asal konfirmasi pertemanan saja. Jika tidak kenal lebih baik jangan di konfirmasi.

2. Twitter

Sumber: Dok. pribadi

Twitter juga sama seperti Facebook, siapa sangka twitter juga dapat memboroskan kuota, karena twitter juga banyak memperbarui informasi-informasi. Twitter juga memberikan banyak informasi dari orang-orang tertentu, ambil sisi baik dari twitter,  dengan cara mengikuti akun twitter yang memberikan berita-berita, pelajaran dan lain-lain.

3. Instagram

Sumber: Dok. pribadi

Instagram, aplikasi yang menyajikan gambar-gambar penggunanya. Aplikasi ini sangat boros  kuota, karena aplikasi ini menyajikan gambar-gambar, maka sering sekali kita harus memperbarui gambar tersebut.

Sekarang banyak sekali yang bisa kalian lakukan di Instagram ini, selain melihat lucu-lucuan di Instagram, banyak juga penggunanya yang menjadikan Instagram sebagai media untuk menjajakan jualannya, atau biasa kita sebut OlShop (Online Shopping).

4. YouTube

Sumber: Dok. pribadi

YouTube media penyaji video ini sangat boros kuota, pasti kalian sudah tahu tentang ini. Aplikasi ini memang menyajikan video-video menarik dari seluruh dunia, tetapi jangan terlalu sering menonton videonya, karena itu dapat memboroskan kuota kamu.

Cara mengatasi kuota yang boros:

1. Gunakan pembatas data seluler

Cara ini biasa dilakukan oleh pengguna yang ingin irit kuota, yaitu dengan cara membatasi penggunaan data selulernya. Caranya sangat mudah, kalian pergi ke Setting > Penggunaan Data > Setel Batas Data Seluler

2, Jangan terlalu sering menggunakan aplikasi yang online

Jangan terlalu sering menggunakan aplikasi yang online, nah jika kalian seorang gamers, bermain dengan game offline dapat mengiritkan kuota anda.

Sumber referensi: tekno.kompas.com (12/05/2016)

Konten ini bukan karya jurnalistik dan merupakan pendapat pribadi penulis We-Media, serta tidak mewakili pandangan dari pihak UC News

997   Tidak Suka

Rizal Maulana Hasbi
Pengikut 7679
Saya hanya menjalani apa yang ada didepan mata dan menikmati apa yang ada. Karena saya sedang mencari kebahagiaan walaupun itu dimulai dari hal kecil.
Ikuti