Ambarawatrik
Sobat Ambarawatrik - Alpukat (Persea Americana) merupakan sebuah tumbuhan yang berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko. Alpukat ini telah banyak dikembangkan dan dibudidayakan oleh pecinta tanaman buah yang berada di seluruh dunia,
Buah Alpukat termasuk tanaman buah yang sangat cocok untuk daerah tropis. Buah Alpukat ditemukan tahun 1877 di Indonesia yang dibawa Belanda dan untuk pertama kalinya ditanam di Kebun Raya Bogor.
Tahapan Cara Menanam Alpukat Mentega Dari Biji
Tahapan yang harus diperhatikan dalam menanam buah Alpukat bagi pemula di rumah meliputi beberapa hal.
Media Tanam Tanaman Buah Alpukat
Media tanam yang cocok untuk tanaman alpukat yaitu tanah yang gembur, lembab dan tidak tergenang air, subur dan tidak mengandung terlalu banyak bahan organik. Tanah yang berada di sekitar pohon yang telah ditanam harus lebih tinggi dari pada tanah yang ada di sekitar pohon yang ditanam tersebut. Hal ini berguna untuk menghindari genangan air yang terjadi ketika musim hujan atau pada saat tanaman disiram secara rutin.Persiapan Bibit Alpukat Bibit yang akan digunakan untuk budidaya Alpukat ini harus berasal dari pohon Alpukat yang cukup tua.
  • Pilih cabang pohonAlpukat yang subur, dan sudah tua. Cabang tersebut tidak boleh terlalu besar dengan diameter batang sekitar 3-5 cm, dan tidak memiliki cabang baru yang terlalu banyak.  Kupas kulit cabang yang sudah dipilih tadi sekitar 10-15 cm. pengupasan dilakukan sekitar 5-10 cm dari cabang utama.
  • Setelah dikupas, balut dengan tanah subur (campuran tanah, pupuk kandang dan sekam padi) dengan ketebalan 7-10 cm.
  • Bungkus balutan tanah tersebut menggunakan sabut kelapa.
  • Siram secara rutin pagi dan sore hari.
  • Setelah cangkokan tumbuh mengeluarkan akar, maka potong pangkal cabang yang dicangkok tersebut (sekitar 2-3cm dari cangkokan).
  • Semaikan dalam polybag atau Pot (jika ingin ditanam dalam pot), dan letak di tempat yang tidak terkena matahari langsung hingga bibit cangkokan benar-benar tumbuh.  Siram secara rutin agar bibit cangkokan tersebut mampu beradaptasi dengan baik sebelum bibit ditanam di lahan permanen.
Menanam Alpukat dari Biji.Buah Alpukat yang akan dijadikan bibit haruslah buah yang sudah tua diketahui kualitas rasanya. Cara Menanam Alpukat dari Biji sangatlah mudah. Biji alpukat bisa langsung ditanam dengan memperhatikan posisi biji atau bisa juga disemaikan di air hingga muncul akar dan tunas pada biji Alpukat tersebut. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan dalam melakukan budidaya alpukat dengan dari Biji (Generatif) yaitu:
Menyemaikan Biji Alpukat di Air
  • Pilih buah Alpukatyang sudah tua, matang dan lembut. Potong melingkar daging buah alpukat dengan hati-hati agar tidak mengenai dan merusak biji buah alpukat tersebut. Cuci daging buah yang menempel pada biji sampai bersih
  • Terdapat ujung sisi yang berbeda pada biji alpukat. Ujung sisi yang kecil merupakan bagian atas tempat tumbuh batang dan daun. Sedangkan ujung sisi yang besar dan lebih luas merupakan bagian bawah dan tempat akar tumbuh.
  • Letakkan biji alpukat dalam wadah yang berisi air dengan memerhatikan posisi bagian atas dan bawah biji alpukat tersebut. Pastikan biji Alpukat hanya terendam setengah bagian saja.
  • Wadah diletakkan di tempat yang kena cahaya matahari secara langsung. Perhatikan bahwa air terus merendam bagian bawah biji alpukattersebut. Jika air berkura, maka tambahk air hingga biji tetap terendam hingga setengah bagian saja.
  • Umumnya, biji mulai terlihat retak sekitar 2-3 minggu. Akar terlihat mulai tumbuh sekitar 3-4 minggu.
  • Ketika akar mencapai 5-7 cm, dan batang juga mulai tumbuh, maka bibit siap untuk dipindahkan dan ditanam di tanah.
  • Lubang tanam untuk pohon Alpukat dibuat dengan ukuran (60x60)cm dan dalam (60-80)cm. Jika menanam bibit cangkok, maka lubang tanam dibuat relative lebar, dan jika menanam bibit dari biji maka lubang harus dibuat yang.
Jika penananman dalam jumlah banyak, ukuran lubang tanam dibuat dengan jarak (6x6)m. Isi lubang dengan pupuk kandang hingga 2/3, dan biarkan lubang selama 3-4 minggu agar pupuk kandang terlebih dahulu meresap ke tanah.
Menanam Bibit Pohon Alpukat
Pindahkan bibit yang sudah disiapkan sebelumnya lubang tanam yang telah disiapkan. Buka plastik polybag secara perlahan, dan usahakan agar tanah pada polybag tidak hancur. Masukkan dan tanam bibit pada lubang tanam. Setelah bibit ditanam, maka siram dengan rutin.
Merawat Tanaman Pohon Alpukat
Perawatan yang dilakukan pada budidaya alpukat ini tidaklah repot. Perawatan yang dilakukan berupa pemupukan dengan dosis yang dianjurkan dan pemangkasan. Pemanenan Buah Alpukat
Pohon alpukat yang ditanam langsung dari biji tanpa melakukan sambung pucuk atau cangkok umumnya mulai berbuah di usia 10-15 tahun. Akan tetapi, jika penanaman yang dilakukan melalui biji dan sambung pucuk atau ditanam melalui sistem vegetatif, maka umumnya akan berbuah di usia 5-8 tahun, itu juga akan tergantung pada perawatan pohon alpukat yang dilakukan setelah tanam. Pemanenan buah alpukat dianjurkan dengan memotong atau menggunting tangkai buah alpukat.
Penulis : Djanu Sutrino
Sumber : Klik disini