Hampir setiap hari ada smartphone baru, dengan berbagai fitur yang tentunya lebih baru. Begitu pun dengan sistem operasinya yang selalu mengalami pembaruan. Seperti smartphone Android kini sudah pada versi 7 atau Nougat.

Tentu smartphone bekas atau jadul biasanya dijual atau disimpan sebagai kenang-kenangan karena telah berjasa dalam membantu berbagai hal dalam kehidupan Anda. Tapi sebenarnya smartphone Anda bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal.

Berikut ini beberapa kegunaan yang bisa dimanfaatkan dengan menggunakan smartphone bekas Anda :

Ponsel Cadangan. JIka smartphone yang baru dibeli hilang atau dicuri orang maka smartphone lama Anda bisa digunakan untuk ponsel cadangan. Sehingga Anda bisa tetap berkomunikasi dengan teman atau keluarga Anda.
Camcoreder. Jika smartphone yang Anda miliki menggunakan resolusi yang tinggi yakni 1.920x1.080 piksel dengan kecepatan 30 frame per detik maka bisa digunakan untuk merekam acara-acara penting dengan syarat bersihkan file yang ada di smartphone lama Anda atau dengan menambah microSD.
Memonitor Bayi. Jika Anda termasuk orang tua yang sibuk maka untuk memonitor bayi Anda bisa menggunakan smartphone lama Anda untuk memonitornya. Untuk menggunakannya tentu membutuhkan aplikasi yang bernama Dormi sehingga Anda tetap bisa mengawasi bayi Anda dari kejauhan dengan menggunakan smartphone lama Anda.
Untuk Video Bel Pintu. Anda bisa menggunakan smartphone lama Anda untuk melihat tamu yang ada di depan rumah Anda. Smartphone lama Anda digunakan untuk webcam Wi-Fi yang dikoneksikan dengan smartphone Anda. Sehingga Anda bisa memonitor rumah Anda jika ada tamu baik yang dikenal atau tidak dikenal. Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan seperti Canary Flex yakni webcam serbaguna untuk keamanan rumah Anda.
Pengganti GoPro. Smartphone Anda bisa digunakan sebagai pengganti kamera action seperti GoPro caranya tentu menggunakan dudukan smartphone yang dipasang pada helm atau kendaraan Anda dengan posisi layaknya GoPro. Rekam perjalanan atau petualangan Anda menggunakan smartphone bekas yang Anda miliki.
Perangkat Khusus VR. Smartphone bekas atau lama Anda bisa digunakan untuk perangkat khusus VR dengan membeli perangkat seperti Cardboard Anda bisa menikmati berbagai permainan, petualangan dengan menggunakan perangkat tersebut.
Pengganti Jam dan Alarm. Smartphone bekas yang Anda miliki karena memiliki layar yang menyala maka bisa dimanfaatkan untuk pengganti jam dan juga alarm. Sehingga Anda tidak akan bangun kesiangan.
Itulah beberapa hal yang bisa dimanfaatkan dari smartphone bekas Anda. Jadi jangan jual atau disimpan smartphone bekas Anda karena ternyata bisa dimanfaatkan untuk hal lain.