Ambarawatrik, Smartphone android yang anda sedang pakai sekarang mungkin sudah mulai melambat kinerjanya, tak sama seperti anda saat membelinya pertama kali. Semakin lama smartphone itu di pakai maka akan terasa kinerjanya semakin lambat.
Pada bahasan kali ini, kami akan memberikan cara agar smartphone anda tetap ngebut tanpa harus melakukan root yang besar kemungkinan akan berdampak negatif bila anda Root smartphone android anda.
Berikut langkah – langkahnya yang bisa anda terapkan pada smartphone android anda sekarang
1. Nonaktifkan animasi dan live wallpaper.
Jika anda sekarang menggunakan animasi atau live wallpaper, sebaiknya mulai sekarang anda harus meninggalkannya alias menonaktifkan fitur tersebut. Sebab hal ini akan membuat kinerja ram pada smartphone android akan bekerja smakin keras, sehingga membuat smartphone anda menjadi lambat.
Sebaiknya gunakan animasi atau wallpaper seminimal mungkin agar kinerja smartphone anda dapat berjalan lancar.
2. Instal aplikasi sesuai kebutuhan.
Banyaknya aplikasi yang tersedia di Play Store membuat kita ingin menginstalnya, walau terkadang aplikasi itu jarang atau malah tidak kita gunakan. Ada baiknya installah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan anda .
Banyak menyimpan aplikasi yang tidak terpakai akan membuat hanphone pintar anda menjadi lambat kinerjanya
3. Pilih Aplikasi yang Berjalan di Backround
Fitur sinkronisasi digunakan oleh banyak aplikasi agar Android tetap bisa diperbarui. Tapi jika diperhatikan, masing-masing sinkronisasi memiliki proses yang dialokasikan RAM agar prosesnya berjalan.
Dengan kata lain memperbarui aplikasi akan memakan banyak RAM. Jadi menghentikan background dan sync dalam penggunaan ponsel akan dapat meminimalisir kinerja RAM.
Saran kami pilihlah aplikasi yang anda anggap penting untuk terus berjalan di backroud, atau gunakan pengaturan pada aplikasi masng – masing.
4. Nonaktifkan jaringan yang tidak perlu.
Selanjutnya adalah koneksi jaringan. Aktifnya koneksi tersebut dapat memperlambat RAM bahkan dalam kondisi ponsel mati sekalipun. Bahkan, ponselmu juga bakal cepat panas. Jika perlu ubah mode koneksi ke dalam mode terbang atau (flight mode) ketika kamu tidak memakainya.
5. Jangan menyimpan file terlalu banyak dalam memori smartphone.
Kebiasaan kita sebagai pengguna smartphone android adalah menyimpan file baik berupa foto lagu atau juga dokumen dalam smarphone, dengan alasan kepraktisan. Namun tahukah anda semakin kita menyimpan banyak file di memori smarphone amaka akan membebankan kinerja RAM.
Untuk mengatasinya, cobalah secara berkala untuk memindahkan file – tersebut ke PC atau laptop anda. Atau anda bisa memanfaatkan penyimpanan cloud seperti Google Drive. Anda bisa mengatur kapan file akan secara otomatis di uplod ke Google Drive dan menghapusnya secara otomatis juga di memoriu smartphone anda.
6. Gunakan aplikasi untuk meningkatkan RAM.
Jika kebanyakan aplikasi peningkat kinerja RAM harus mewajibkan ROOT, namun ada beberapa aplikasi di Google Play Store yang bisa anda gunakan tanpa harus melakukan ROOT. Contohnya aplikasi ROEHSOFT RAM Expander, Smart RAM Booster, RAM Manager Pro, RAM Control Extreme. Gunakan aplikasi yang berbayar gar anda mendapatkan fitur yang maksimal.
Saran dari kami gunakanlah aplikasi peningkat RAM yang paling sesuai dengan smartphone anda yang sekarang. Jangan menggunakan dua aplikasi sekaligus, karena hal ini tidak akan membuat smartphone anda menjadi super ngebut.
Itulah beberapa cara agar smartphone android anda dapat berjalan dengan lancar tanpa harus melakukan ROOT. Selamat mencoba.
Penulis : M. Nurul Iman
sumber foto : sctambarawa

>