Hay sobat Ambarawatrik, apakah kalian penggemar rooting android? Kalau iya, pastinya kalian tau bahwa kegembiraan nyata dari perangkat Android yang telah diRoot muncul saat kalian menginstal ROM khusus yang berbeda dengan orang lain. Entah kalian memiliki ponsel cerdas atau tablet, kalian dapat memasang ROM khusus apa pun di perangkat Android Root kalian dengan mudah. Nah jadi pada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi Custom ROM terbaik.

Nah taukah kalian sobat UC'ers bahwa Custom ROM tidak hanya untuk mengupgrade sistem operasi Android kalian ke versi terbaru lho, namun juga memberi kalian lebih banyak keuntungan daripada ROM biasa, seperti baterai yang tambah awet, UI yang indah, kinerja lebih cepat dan lebih banyak fitur. Jika kaliam ingin kembali ke ROM stok resmi, kalian hanya perlu mendownload dan flash saja. Dikutip dari laman vintaytime.com (10/02/2017).

Nah ini adalah Custom ROM terbaik yang dibuat untuk Android yang telah di Root:

1. LineageOS

LineageOS adalah pengganti CyanogenMod, yaitu Custom ROM yang paling populer untuk android. ROM CyanogenMod yang telah diinstal oleh lebih dari 50 juta orang, namun LineageOS baru saat ini terpasang di sekitar 0,4 juta perangkat saja.

Layar utama, laci Apps dan Peluncuran terlihat sangat mirip dengan CynagenMod karena semua itu termasuk CyanogenMod. Kunci pola mendukung grid 4 × 4, 5 × 5 dan 6 × 6 untuk keamanan yang luar biasa. Kalian juga dapat menyesuaikan peluncur default dengan menekan dan menahan layar awal. LineageOS hadir dengan tema Android asli dan aplikasi Android yang umum seperti File Manager, Browser, Camera, dan beberapa aplikasi yang berguna seperti Screen recorder dan AudioFX.

LineageOS ROM akan memeriksa update sistem terbaru secara otomatis, walaupun Anda bisa melakukannya secara manual dari setting> about phone> LineageOS updates. Di menu setelan, Anda dapat melihat banyak opsi penyesuaian seperti bilah status, lanjutkan ulang di opsi Pengembang, Pelindung Privasi dan Tombol.

2. Resurrection Remix

Resurrection Remix adalah ROM yang mengagumkan dan dapat disesuaikan untuk Android. Muncul dengan versi Android terbaru, UI dengan performa lebih cepat, fitur ramah baterai dan setiap fitur terbaik yang akan kalian gunakan pada ROM custom lainnya. Buka menu setting, dan pilih Configurations. Di sana kalian akan menemukan begitu banyak pilihan penyesuaian, seperti logo merek Custom, ikon bar Status, kustomisasi panel Pemberitahuan, Kunci layar, Tombol dan kustomisasi Antarmuka.

ROM ini juga mendukung kontrol Gesture custom dengan gerakan multi-touch, seperti dua atau tiga gerakan jari. Anda dapat mendownload versi terbaru Resurrection Remix dari SourceForge.

3. Android Open Kang Project (AOKP)

AOKP adalah Custom ROM populer lain yang berbasis pada CyanogenMod. Perangkat ini telah dipasang di lebih dari 3,5 juta perangkat. Nama 'AOKP' (di mana 'K' adalah singkatan dari 'Kang') didorong dari Android Open Source Project (AOSP).

Di menu pengaturan atau di menu laci aplikasi, Anda dapat melihat opsi kontrol ROM. Dari situ kalian bisa mengkustomisasi elemen ROM, seperti Notifikasi, Sound, Status bar dan User Interface. Pada pilihan umum, kalian bisa menggunakan fitur 'Wavelock Blocker' untuk mencegah beberapa aktivitas yang membuat CPU tetap berjalan.

4. PAC ROM

PAC ROM adalah salah satu ROM terbaik yang dibangun dengan mengambil fitur dan elemen dari ROM populer lainnya. Gagasan di balik ROM PAC adalah memodulasi fitur utama dari ROM lain seperti CyanogenMod dan AOKP. Seperti namanya, Anda akan melihat ikon Pac-Man di menu setting dan animasi boot.

Sementara pengujian, beberapa fitur penting yang paling saya suka di PAC ROM adalah sebagai berikut: UI coloring, Themes, Live lock screen, Display music visualizer dan Display arrow keys saat mengetik.